22
Jul

Hari Pertama MPLS, Murid Kelas IV Sampai Kelas VI Mengikuti Pemetaan Akademik

Setelah menjalani liburan akhir semester, siswa-siswi SDIT Ar-Risalah Surakarta kembali bersemangat mengikuti MPLS selama tiga hari, dari hari Senin 22 Juli 2024 hingga Rabu, 24 Juli 2024. Kegiatan setiap jenjang berbeda-beda, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu mengupgrade semangat siswa untuk back to school setelah liburan panjang berlalu. Dengan kegiatan MPLS ini diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri pada aktivitas sekolah fullday.

Siswa kelas IV sampai dengan kelas VI mengikuti pemetaan akademik, berupa pemetaan matematika, tahfidz, dan tilawah. Dengan pemetaan ini, diharapkan siswa dapat dikelompokkan sesuai dengan kemampuannya. Bukan berarti pemetaan ini membeda-bedakan siswa, hanya dengan ini guru dapat lebih mudah dalam membimbing dan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuannya.

Pemetaan tahfidz membantu setiap siswa dapat mencapai target hafalan dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu,  menjadi motivasi tambahan bagi peserta didik untuk lebih rajin melakukan muroja’ah (ulang hafalan). Pemetaan tilawah dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan membaca Al Qur’an siswa. Selanjutnya, setiap kelompok akan dibimbing oleh guru yang berbeda. Guru akan fokus membina siswa dalam mencapai tujuannya, untuk anak yang masih kurang dalam kemampuan akademik, guru membantu membimbing siswa, fokusnya bukan menjadi seperti siswa lain yang lebih unggul, tapi menjadi siswa yang lebih baik setiap harinya dengan melihat kurva pencapaian diri sendiri. Bagi siswa yang memiliki bakat di bidang akademik, guru akan membantu melejitkan prestasinya.

Guru menyambut baik implementasi pemetaan ini, menyatakan harapannya agar setiap siswa dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.