11
Sep

KATA PARA ALUMNI – TIPS SUKSES MENGHADAPI TES ATAU UJIAN

Sebentar lagi siswa-siswi akan menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) yang akan membuat gelisah, grogi, stres, dan sederet keluhan lain. Banyak siswa yang merasa gugup atau merasa dirinya belum benar-benar siap untuk “bertempur” pada waktu hari H tes atau ujian nanti. Kali ini, Arsaka Media telah merangkum tips sukses menghadapi tes atau ujian dari para Alumni SDIT Ar-Risalah Surakarta. Yuk kita simak!


Memulai belajar dengan berdoa

Islam menganjurkan agar selalu berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar. Tujuan dari berdoa ini supaya lebih mudah menerima pelajaran, mendapatkan kemudahan dalam menuntut ilmu, dan berkah dari proses belajar. Sudah hafal kan doa belajar?

Yuk bersama-sama berdoa,

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman”


Persiapkan dengan baik, Jangan SKS!

Tips dari Sofaus Saidah, lulusan, Angkatan XV (Peringkat 2 US Terbaik 2020/2021 SDIT Ar-Risalah Surakarta) – Apa itu SKS? SKS adalah Sistem Kebut Semalam atau dengan kata lain besok ujian, malam baru belajar. Belajar dengan materi yang sangat banyak dalam waktu singkat tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Sebaiknya, teman-teman meluangkan waktu belajar dengan baik. Teman-teman bisa membuat jadwal belajar, misalnya, sepulang sekolah (waktu siang) atau setelah mandi sore. Waktu malam hari hanya dipakai untuk murojaah atau mengulang materi pelajaran yang sudah di baca. Lebih mudah bukan?


Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Ruang belajar akan mempengaruhi hasil belajar kita. Pilihlah tempat belajar yang cukup cahaya, sejuk, dan mendukung kenyamanan kalian dalam belajar. Jangan belajar sambil nonton TV karena akan mengganggu konsentrasi kalian. Jika kalian punya adik, sebaiknya menjauh dahulu dari adik kalian, agar belajar kalian tetap fokus.


Latihan soal-soal ulangan atau tes sebelumnya

Tips dari Askanah Talitha Sakhi, Angkatan XVI (Peringkat 1 US 2021/2022 Terbaik SDIT Ar-Risalah Surakarta) – Biasanya soal-soal ujian atau tes sangat erat kaitanya dengan soal sebelumnya. Kamu bisa berlatih soal-soal ujian lama yang keluar tahun lalu dan soal-soal latihan di buku. Latihan soal membiasakan kamu untuk terbiasa dengan format pertanyaan, sehingga kamu bisa belajar mengatur kecepatan penyelesaian sebuah soal dengan jawaban yang tepat.


Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan juga tak kalah penting. Istirahat yang teratur, menjaga pola makan, dan banyak minum air putih akan menunjang kesiapan kalian dalam menghadapi ujian atau tes. Jangan sampai karena terlalu banyak belajar sampai larut, istirahat kurang, badan kalian jadi drop atau sakit. Alhasil, kalian tidak dapat mengikuti ujian atau tes.


Meminta doa kepada orang tua

"Ada tiga macam golongan yang doanya mustajab yang tidak diragukan lagi kedahsyatannya, yaitu 1) Doa orangtua kepada anaknya, 2) Doa orang musafir (orang yang sedang bepergian) dan 3) Doa orang yang dizhalimi." (HR. Bukhari Muslim).

Maasya Allah sungguh dahsyat, kan doa orang tua?

Tips dari Nisaussyifa El Adawiyul Jamily, Angkatan XVI (Peringkat 5 US terbaik 2021/2022 SDIT Ar-Risalah Surakarta)  – Mintalah doa kepada orang tuamu. Berbuat baiklah kepada mereka dengan membantu pekerjaan mereka di rumah, tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan orang tua marah, semisal berbicara kasar kepada mereka, karena ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Jangan lupa sebelum berangkat sekolah pamit dan minta doa orang tua ya!


Berdoa meminta kemudahan dari Allah

Sebagai hamba Allah yang beriman, setelah ikhtiar atau usaha yang kita lakukan, jangan tinggalkan berdoa. Berdoa berarti mengetahui bahwa hanya Allahlah yang menentukan segalanya. Orang yang tidak mau berdoa kepada Allah bisa dikatakan orang yang takabur (sombong) karena tidak menempatkan Allah sebagai penentu segalanya.

Kita harus yakin bahwa setiap doa yang kita panjatkan, Allah akan kabulkan.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, (jawablah) bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku,” (QS Al-Baqarah: 186). Wallahu a’lam.

Yuk kita berdoa, memohon kemudahan dari Allah

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.


Nah bagaimana? Mudah kan tipsnya! Semua tips bisa kalian ikuti dengan mudah. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kalian semua dalam menghadapi ujian atau tes.

Semoga berhasil dan mendapat hasil yang memuaskan! (NV)